Malioboro Pesona Indahnya Kota Jogja



malioboro
Malioboro, Kapan terakhir kali kamu ke Jogja ? Jogja menjadi kota yang mampu membuat wisatawan yang dating merindukannya dan selalu ingin berkunjung lebih lama. Yogyakarta sangat identik dengan wisata budaya yang masih sangat kental hingga sekarang. Banyak kesenian dan tradisi yang masih sangat terpelihara dan menjadi daya Tarik tersendiri dalam pementasannya.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Jogja adalah jalan Malioboto, jalan sepanjang 2,5 km ini membentang dari Tugu Jogja hingga Kantor Pos Jogja. Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat yang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Dahulu, jalan ini hanya jalan yang sepi dengan pohon asem di kanan kirinya, jalanan ini hanya dilewati oleh warga yang akan ke Kraton, Benteng Vredeburg ataupun ke Pasar Beringhardjo. Diantara informasi yang beredar nama Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta, yang memiliki arti “Karangan Bunga”. Hal ini dikarenakan jalan ini dulunya dipenuhi oleh karangan bunga ketika keratin menggelar acara atau hajatan. Versi yang lain menyebutkan bahwa nama Malioboro diambil dari nama seorang bangsawan Inggris yang bernama “Marlborough” yang pernah tinggal di Yogyakarta antara tahun 1811 – 1816.

malioboroTerlepas dari mana asal muasal nama Malioboro ini, yang jelas jalan ini selalu berhasil menarik perhatian wisatawan, jalan ini menjadi seperti pusat oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari souvenir khas, kaos, batik, blangkon, sandal, makanan khas maupun yang lainnya. Selain itu tempat ini juga menawarkan berbagai sajian sederhana yang nikmat untuk dicoba. Jangan lupa juga mencoba mencicipi nasi gudeg, aneka minuman khas yang begitu menggoda. Dengan iringan sekelompok pengamen yang silih berganti menyanyikan lagu-lagu wisatawan dapat bersantai dengan nyaman.


Ketika kaki terasa lelah dan letih untuk melanjutkan perjalanan wisata, tukang beccak dan delman sudah setia berderet menunggu pelanggan untuk diantarkan berkelilingan dengan biaya yang relative terjangkau.

Merasa tertarik untuk berkunjung ke Jogja ?
Jangan ragu untuk datang menikmati indahnya pesona Yogyakarta…

0 komentar:

Posting Komentar