Bukit Gupit, Bukit indah untuk menikmati panorama alam Jogja


Bukit Paralayang Bantul
Bukit GupitPengen bersantai sambil menikmati indahnya suasana Jogja dari ketinggian ? tidak ada salahnya sahabat mencoba mendaki ke atas Bukit Gupit ini. Terutama menikmati pesona pantai nan indah. Menikmati keindahan pantai memang tidak harus dengan bermain air, walupun ada sebagian dari kita yang memang belum merasa puas menikmati indahnya pantai jika belum bermain dengan airnya.

Nah inilah cara lain untuk menikmati indahnya pantai. Menikmati kelauan pantulan mentari diwaktu senja dengan memandang dari ketinggian. Masih asing dengan nama bukit ini ? Iya Bukit Gupit ini adalah sebuah bukit yang berada di atas Pantai Parangtritis. Jadi menikmati indahnya Pantai Parangtritis dengan cara ini patutlah untuk dicoba.

Bukit Gupit ini masuk di wilayah Desa Giricahyo Gunungkidul. Sementara untuk Pantai Parangtritis ini masuk di wilayah Bantul. Desa Giricahyo memiliki 7 Padukuhan, yakni Padukuhan Gabug, Padukuhan Wuni, Padukuhan Karangtengah, Padukuhan Jurug, Padukuhan Nglumbung, Padukuhan Jati dan juga Padukuhan Jambu.

Untuk menuju ke Bukit Gupit, Jika anda dari Pantai Parangtritis maka anda bisa mengambil arah kiri menuju jalan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Jalan ini merupakan jalan penghubung Pantai Parangtritis Bantul dengan Pantai lain di Gunungkidul. Jarak dari pantai Parangtritis hingga ke Bukit Gupit kurang lebih sekitar 3 km. Jika hendak berkunjung ke Bukit ini, jangan segan-segan untuk bertanya kepada penduduk sekitar, karena mereka akan dengan senang hati menunjukkan arah menuju Bukit Gupit ini.

Bagi penggemar olahraga Gantole/Paralayang di  Jogja, Bukit Gupit ini sangat familiar, Karena lokasi ini sangat sering digunakan sebagai tempat latihan paralayang. Tempat ini memang sangat cocok untuk olahraga paralayang bahkan pernah digunakan sebagai lokasi event bertaraf nasional yaitu Jogja Air Show 2014.
Bukit Gupit Bantul
Bukit Paralayang Bantul

Bukit Gupit Bantul
Menikmati Indahnya Pantai Parangtritis dari ketinggian

Di sekitar Bukit Gupit ini juga terdapat situs-situs peninggalan bersejarah diantaranya Candi Gembirowati, Sendang Beji dan pasanggrahan Gembirowati. Adalagi Goa Lengse yang juga cukup fenomenal. jadi jika anda berkunjung ke Pantai Parangtritis sempatkan pula untuk menikmati keindahan pantai selatan jawa ini dari atas Bukit Gupit sebagai alternatif wisata di Jogja.

1 komentar: