Candi Ijo Pesona Menyambut Senja


Candi Ijo Sleman
Sleman – Candi Ijo merupakan sebuah candi indah yang terletak di bukit nan hijau. Candi ini merupakan candi tertinggi di wilayah Yogyakarta jika dibandingkan engan candi-candi yang lainnya.

Lebih tepatnya candi ini terletak diantara perbukitan yang menaungi Candi Ratu Boko, Candi Barong dan juga Candi Banyunibo, yakni terletak di Kecamatan Prambanan. Berdasarkan perkiraan berbagai sumber, candi ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Bangunan Candi Ijo sendiri terdiri atas 17 struktur bangunan dan terbagi menjadi 11 teras berundak. Teras pertama merupakan halaman menuju ke pintu masuk. Sedangkan pada teras paling tas terdapat delapan lingga patok, bangunan candi utama dan tiga candi perwara. Dari ke-11 teras tersebut, ada bagian yang paling sakral, yakni terletak pada teras tertinggi yaitu teras ke-11.

Banyak sekali keunikan-keunikan lain yang akan kita temui ketika kita berkunjung ke Candi Ijo yang indah ini. Jadi selain menikmati uniknya candi bersejarah ini, kita juga akan disajikan panorama yang begitu indah ketika hari menjelang senja.

Lokasi Candi
Candi Ijo ini berlokasi di Bukit Ijo, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi
Candi Ijo SlemanCandi indah ini berjarak 28 km arah timur kota Yogyakarta. Kita dapat berkunjung ke Candi Prambanan dengan jalur bus transjogja ( jalur 1 A atau 1 B) . Kemudian dari Candi Prambanan kita bisa menggunakan jasa ojek atau taxi menuju ke arah selatan ( ke kanan jika dari Jogja ), tau ke kiri jika dari arah Solo. Arah menuju candi Ijo ini berada di jalan raya yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Piyungan. Setelah berjalan kurang lebih sekitar 15 menit kita akan dapat menemukan papan nama menuju Candi Ijo yang selanjuttnya Kita akan dibawa menuju lokasi Candi Indah ini.

Selamat berkunjung dan terimakasih telah ikut meningkatkan pariwisata Yogyakarta.


0 komentar:

Posting Komentar